Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Banyak orang mencari tahu biaya pembangunan rumah minimalis, karena semakin banyak peminat yang menginginkan hunian dengan konsep rumah yang sedang naik daun ini. rumah minimalis merupakan rumah yang secara konsep ruang memiliki kelebihan fungsional, sehingga biaya pembangunan jadi lebih hemat. Memikirkan biaya pembangunan adalah hal yang paling utama kalau kita berencana untuk membangun rumah. hal ini yang akan menentukan kelanjutan pembangunan, kesempurnaan desain, juga kekuatan bangunan, dan hal-hal mendasar yang lainnya.

Biaya pembangunan rumah minimalis bervariasi tergantung dengan tipe rumah, luas rumah, kerumitan desain, pemilihan bahan bangunan, dan masih banyak biaya-biaya lain bahkan biaya tak terduga yang memang harus anda siapkan anggarannya secara sengaja saat berencana membangun rumah. dana anggaran untuk membuat rumah haruslah sudah benar-benar sudah siap demi kelancaran pembangunan, agar rumah cepat selesai dan siap ditempati dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Perkiraan biaya pembangunan rumah minimalis yang coba kita uraikan sebagai panduan untuk anda yang sedang berencana membangun rumah, adalah sebagai berikut:

Rincian Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

  1. Biaya Tenaga Kerja

Sebelum menentukan biaya tenaga kerja, pastikan anda lebih memilih tenaga kerja harian, karena lebih efektif dibandingkan dengan pekerja borongan yang lebih mementingkan hasil cepat, tapi mengabaikan kualitas.

Tenaga Kerja Biaya/hari
Tenaga kerja batu Rp. 115.850,-
Tenaga kerja kayu Rp. 115.850,-
Tenaga kerja gali Rp. 80.850,-
Tenaga kerja besi beton Rp. 120.850,-
Tenaga kerja besi profil Rp. 125.850,-
Tenaga kerja ledeng Rp. 115.850,-
Tenaga kerja cat/plitur Rp. 115.850,-
Tenaga kerja listrik Rp. 120.850-
Asisten tukang Rp. 90.850,-

Tabel diatas adalah perkiraan biaya tenaga kerja harian dengan jumlah total Rp. 1.011.650,-/hari. Dan semua tenaga kerja diawasi oleh seorang mandor dengan gaji Rp. 158.000,/hari. Jadi total keseluruhan biaya tenaga kerja dalam sehari adalah Rp. 1.169.650,- / hari.

Dan untuk harga tenaga kerja secara keseluruhan bisa dikalikan dengan jumlah hari saat mereka bekerja. Lebih cepat pembangunan rumah selesai, maka lebih hemat juga pengeluaran biaya untuk tenaga kerja. Perkiraan biaya di atas bisa lebih tinggi atau lebih rendah. Gunakan kemampuan negosiasi anda dengan baik agar bisa mendapatkan tenaga kerja profesional dengan bayaran yang masuk akal.

Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan para tenaga kerja agar rumah impian anda terwujud dengan sempurna

1. Perhitungan Luas Tanah Dan Bangunan

Perhitungan biaya pembangunan desain rumah minimalis selanjutnya adalah menghitung biaya pembangunan berdasarkan luas tanah dan bangunan.  Contoh, jika luas tanah 36m2. Harga tanah 2.000.000,-/ meter persegi. Maka total dana yang dibutuhkan adalah 36m2 x 2.000.000 = Rp. 27.000.000,-

Harga tanah biasanya disesuaikan dengan lokasi, semakin strategis lokasi tanah semakin mahal pula harga tanah.

2. Biaya Bahan-Bahan Bangunan

Biaya bahan-bahan bangunan baru bisa kita ketahui saat sudah menentukan luas bangunan, tipe bangunan, dan desain bangunan. karena sudah bisa menentukan berapa banyak bahan yang harus dibeli.

Diperkirakan bahan-bahan bangunan yang harus dibeli per meternya sekitar Rp. 3.250.000,- yang terdiri dari besi beton, batako, cakar ayam, genteng, struktur baja, katu, cat, semen dan keramik. Masih banyak lagi bahan-bahan yang tidak disebut secara terperinci.

Perkiraan biaya ini tidak bisa dijadikan patokan resmi, karena harga bahan bangunan bisa saja berbeda-beda dari toko satu dan toko-toko lainnya. Setiap tahunnya harga bahan bangunan juga mengalami kenaikan, dan hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tahun biaya membangun rumah semakin naik.

3. Biaya Tak Terduga

Adanya biaya tak terduga sepertinya sudah umum untuk diperhitungkan, karena kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi selama proses pembangunan rumah. biaya tak terduga ini berfungsi sebagai jaga-jaga agar proses pembangunan berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun.

Secara keseluruhan total biaya untuk membangun rumah minimalis 36m2 sekitar Rp. 100.000.000,- harga ini lebih masuk akal untuk mendapatkan bangunan yang kokoh dan kuat. Banguna yang kuat dan kokoh adalah bagian yang paling penting yang harus diperhatikan saat membangun rumah. banyak orang mengabaikan dengan alasan untuk berhemat, tapi mereka bermewah-mewah dalam pemilihan interior.

Perkiraan biaya pembangunan diatas belum termasuk biaya perlengkapan interior dan alat-alat penunjang aktivitas rumah tangga yang lain. Untuk ini harus mengeluarkan biaya lain diluar biaya pembangunan. Sesuaikan interior, perabot, dan aksesoris rumah dengan desain rumah yang sudah jadi agar tidak mengurangi fungsi ruangan.

Intinya anda harus cermat dan lebih teliti dalam membuat anggaran membangun rumah. perhitungan biaya di atas jika diterapkan pada bangunan rumah anda bisa lebih kecil dananya atau bahkan bisa lebih besar. Lokasi pembangunan di daerah yang lebih terpencil biaya bahan bangunan biasanya lebih mahal dan harga tanah lebih murah.