Tanaman Hias Indoor

 

Tanaman Hias Indoor

Mau dekorasi rumah menjadi indah dan segar, membawa suasana sejuk yang sangat cocok untuk rumah mungilmu ? Tanaman hias indoor (dalam rumah) jawabannya.

Tidak semua tanaman jenis harus berukuran besar dan menyita ruang, faktanya juga masih banyak jenis tanaman hias indoor yang berukuran kecil atau mini, atau lucu dan serba menggemaskan.

Tanpa harus membutuhkan banyak tempat untuk hiasan indoor berikut beberapa tanaman hias indoor untuk rumah mungil milikmu!

15 Jenis Tanaman Hias Indoor Untuk Rumah Mungil

1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Tahukah kamu ?

Aloe vera atau lidah buaya juga masih merupakan tanaman hias indoor ataupun outdoor yang berjenis sukulen. Sama halnya seperti jenis tanaman hias sukulen lainnya, tanaman lidah buaya juga bisa hadir sebagai tanaman hias indoor, dalam pot kecil yang efisien.

Dengan kehadiran tanaman yang satu ini, kamu juga akan terasa mudah memetik manfaatnya sebagai pereda luka bakar atau sebagai pelembab kulit. Cukup disiangi sesekali, tanaman hias indoor lidah buaya ini siap menghiasi dengan manis.

2. Bunga Anthurium

Bunga Anthurium

Bentuk daun yang sangat unik, bervariasi dan juga indah, tanaman hias indoor yang satu ini berupa bunga anthurium yang berwarna merah terang layak dilirik menjadi dekorasi rumah indoor kamu.

Pilih bibit bunga anthurium yang bervariasi, mulai dari bentuk daun seukuran koin hingga ukuran daun yang dewasa selebar piring. Coba jenis bunga anthurium yang mini sebagai solusi untuk tanaman hias indoor di rumah mungilmu.

3. Pakis Asparagus

Pakis Asparagus

Cukup banyak yang suka dengan tampilan pakis asparagus dengan bentuk daun pipih yang menyebar seperti renda halus.

Dengan kemampuan tumbuh pesat, gunakan tanaman hias yang satu ini sebagai tanaman hias indoor yang bisa menangkal polusi udara di sekeliling rumah sekaligus sedap dipandang oleh mata.

4. Pachira atau Money Plant

Pachira

Tanaman jenis ini juga sangat terkenal sebagai tanaman feng shui yang juga sangat cocok untuk mendatangkan rezeki, keberuntungan dan kelancaran finansial, pachira alias money plant juga bisa jadi tanaman hias indoor rumah kamu yang ideal.

Dengan perawatan yang tidak terlalu sulit dan juga berukuran sedang, tempatkan saja tanaman hias ini di dalam pot dengan ukuran yang kecil dan rawat sesekali dengan memotong dahan, memberi air dan menyiangi di sinar matahari.

5. Sukulen Echeveria

Sukulen Echeveria

Tanaman cantik dari jenis sukulen, Echeveria juga bisa jadi tanaman hias indoor dengan bentuk bunga yang menyerupai bunga mawar yang indah.

Daunnya mengkilap dan berwarna ceria, serta yang terpenting tidak membutuhkan media pot yang besar alias yang berukuran sedang.

Jika menjadikan Echeveria sebagai tanaman hias indoor dirumah kamu, ingat untuk tidak menempatkan di ruang kamar yang bersuhu dingin karena potensi jamur.

6. Tanaman Jade

Tanaman Hias Indoor Jade

Tanaman jenis ini adalah tanaman alternatif hias indoor yang sangat cantik walaupun tidak besar, tanaman jenis jade ini adalah tanaman hias yang sangat identik pembawa keberuntungan di dalam rumah.

Tanaman indoor yang satu ini bukan hanya cantik dengan bentuk daun oval yang tebal, tetapi juga sangat awet jika dirawat dengan telaten dan juga teliti.

Lab dari bagian daun jika tertutupi debu ruangan, beri sedikit air dan juga siangi sesekali.

7. Bambu Rejeki

Tanaman Hias Indoor Bambu Rejeki

Lucky Bamboo, demikian nama yang keren dari tanaman hias indoor yang satu ini. Sesuai dengan namanya, tanaman bambu rejeki ini juga dipercaya bisa membawa keberuntungan sehingga kerap dijadikan simbol dekorasi di dalam rumah (indoor).

Yang lebih penting lagi, bentuknya yang sangat indah dalam kumpulan bambu yang disusun sangat rapat menjadikannya tanaman hias indoor yang sangat cocok.

Jangan lupa tambahkan juga seikat pita merah untuk atraksi yang paling menarik perhatian.

8. Bunga Lidah Mertua

Bunga Lidah Mertua

Jika kamu menginginkan udara di dalam ruangan yang lebih segar, Coba saja tanaman snake plant atau bunga lidah mertua yang mujarab sebagai penyerap racun.

Cukup dengan satu pot kecil untuk tanaman hias indoor ini untuk membuat sirkulasi udara kian semakin terasa segar, plus penampilan di bagian daun panjang yang tumbuh ke atas juga bikin adem.

9. Rosemary

Tanaman Hias Indoor Rosemary

Dengan daun yang berbentuk duri kecil, tanaman herba rosemary yang satu ini sangat cocok sebagai tanaman hias indoor karena berbau wangi dan dihiasi bunga warna ungu kebiruan yang sangat menawan.

Manfaat dari rosemary sebagai tanaman hias indoor juga bisa untuk menangkal nyamuk dan menjadi bumbu masak di dapur untuk olahan yang semakin wangi dan terasa sedap.

10. Lavender

Tanaman Hias Lavender

Satu pot kecil dari bunga lavender juga bisa membawa aroma wangi yang membuat tidur semakin pulas. Sebagai tanaman hias indoor.

Tanaman lavender juga baik untuk mengatasi rasa cemas dari aroma lainnya yang berbau tidak sedap.

Bahkan tanamkan lavender ini lebih ideal sebagai tanaman hias indoor dalam bentuk yang kecil karena efeknya yang sudah sangat maksimal.

11. Daun Suji

Daun Suji

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk batang yang langsing kurus dan panjang dengan daun kecil yang memanjang.

Tanaman jenis ini merupakan keluarga agavaceae. Untuk cara pengembangbiakannya yakni dengan stek batang. Bunga suji juga dapat ditanam dengan media pot sehingga cocok untuk ditempatkan didalam ruangan.

Tanaman hidroponik adalah salah satu jenis tanaman yang lebih digemari dan banyak dicoba diaplikasikan di rumah oleh kaum millenial karena minim budget namun tanaman tetap bisa tumbuh subur.

12. Gerber Daisy

Gerbera Daisy

Keindahan dari sebuah tanaman Gerber Daisy yang satu ini sudah tidak diragukan lagu untuk jenis tanaman hias indoor.

Di Indonesia tanaman hias yang satu ini sangat dikenal dengan sebutan Herbras. Tanaman ini juga mempunyai bentuk bunga yang sangat indah.

Keindahan dari bunga gerber Daisy juga sangat memukau sehingga sering digunakan sebagai potongan bunga bersama mawar, bunga seruni serta bunga tulip.

Rasanya bunga ini akan disayangkan jika dilewatkan karena tanaman hias jenis ini juga dapat ditanam pada media pot.

13. Dragon Tree

Dragon Tree

Tanaman Dragon Tree juga banyak diminati oleh banyak orang. Dragon Tree merupakan tanaman dari keluarga Asparagaceae.

Awal mulanya tanaman yang satu ini berasal dari Madagaskar dan merupakan tumbuhan semak. Tanaman ini akan membuat ruangan indoor rumah kamu yang akan lebih indah dan terkesan sangat sejuk.

14. Krisan

Bunga Krisan

Bunga Krisan yang biasa dikenal dengan nama bunga seruni juga memiliki warna yang sangat indah dan berwarna-warni.

Jika tumbuh di dalam pot tanaman ini mampu tumbuh hingga 90 cm bahkan ada yang lebih.

15. Bunga Azalea

Bunga Azalea

Bunga Azalea adalah jenis tanaman semak yang mampu menyerap polutan dari formaldehida.

Di Indonesia juga memiliki beberapa spesies asli Bunga Azalea yang kerap merupakan tanaman hias asli Eropa dan Asia Barat. Tanaman jenis ini juga mampu membersihkan udara dari partikel pengotor dari udara.

16. Anggrek

Bunga Anggrek

Tanaman anggrek juga memiliki reputasi yang tergolong sangat sulit untuk masalah perawatannya, namun jika kamu benar-benar atau sungguh-sungguh dalam merawatnya dengan maksimal, tanaman jenis ini akan sangat baik untuk ruangan rumah, karena mampu membersihkan udara di malam hari.

Tidak seperti dari beberapa tanaman lain, tanaman anggrek juga bernafas dan mengeluarkan oksigen di malam hari sehingga akan sangat baik ruang kamar.

Demikianlah tadi jenis tanaman hias indoor yang bisa menjadi warna baru untuk rumah mungilmu. Kamu juga bisa melihat ragam tanaman hias menarik lainnya di website ruangarsitek.id

Semoga artikel kali ini bermanfaat, ya !