Tentukan Konsep Kabinet Dapurmu Sendiri Di sini

Kabinet dapur lebih identik orang mengenalnya dengan istilah kitchen set. Ya, area dapur dengan susunan lemari dapur serta meja dapur lengkap dengan rak-rak didalamnya merupakan tempat penyimpanan yang paling dibutuhkan dari mulai peralatan makan, perkakas memasak, hingga bumbu-bumbu dapur. Apalagi dapur adalah salah satu area paling sentral dalam sebuah rumah tangga dimana banyak sekali alat-alat berukuran kecil hingga besar-besar, perkakas tajam terbuat dari besi, aluminium, hingga kayu, alat masak elektronik, ditambah bahan-bahan basah makanan, semua terkumpul dalam satu area membuat dapur layaknya toserba mini.

Intensitas pemakaian alat-alat di dapur pun sangat sering bahkan hampir tidak luput setiap waktu, sehingga tidak mengherankan apabila kalau dapur tidak dilengkapi dengan lemari-lemari dan rak-rak penyimpanan yang banyak, bisa dibayangkan seperti apa rupa dapur itu. Jadi, tidak peduli apakah jenis rumah bergaya minimalis ataupun stylish kalau tidak melengkapinya dengan interior dapur yang apik dan rapi, tetap saja rumah itu akan terlihat berantakan. Ya kan!?

Desain Kabinet Dapur Di Mulai Dari Metode Bukaan Pintu Lemari Yang Tepat

Banyak sekali saat ini desain kabinet untuk dapur yang semakin trending dan banyak digemari para konsumen untuk melengkapi interior hunian mereka. Memiliki seperangkat lemari dapur dengan desain yang unik dan fungsional adalah yang paling dicari setiap pemilik rumah. Terlebih lemari penyimpanan yang sangat efektif dan dapat memudahkan penggunanya saat di dapur merupakan tujuan utama pemanfaatan kabinet dapur.

Dari keseluruhan susunan kabinet di dapur ini yang paling sering disentuh oleh tangan adalah pintunya. Ya, saat mengambil atau menyimpan barang di dalam lemari, pintulah yang merupakan bagian dari kabinet yang paling capek bolak-balik di buka tutup. Jadi, kalau memilih satu set kabinet untuk dapur, yang paling pertama dilihat adalah kenyamanan fungsi pintunya. Apakah mudah saat membuka dan menutupnya kembali ataukah justru malah menyulitkan.

Berikut desain pintu kabinet yang dapat disesuaikan dengan gerak tangan

  • Pintu kabinet dengan bukaan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Ini adalah pintu gaya standar yang sudah biasa ada pada setiap desain kabinet pada umumnya. Bukaan ke samping atau ke kanan lazim di gunakan pada setiap pintu apa pun dan setiap orang pun sudah terbiasa dengan metode bukaan pintu ini. Jadi tidak mengherankan apabila jenis pintu bukaan seperti ini paling banyak di pasaran.

  • Pintu kabinet dengan bukaan ke atas atau ke bawah.

Meskipun masih jarang konsumen menggunakannya tapi bukaan pintu kabinet ke atas atau ke bawah cukup diminati juga. Tergantung dengan kebiasaan gerakan tangan penggunanya saja. Namun perlu diingat ketika memilih kabinet khusus untuk dipasang di dapur dengan intensitas buka tutup yang cukup sering, pilihlah pintu yang bergerak ringan dan mudah ketika pintu diangkat atau diturunkan. Juga pikirkan luas ruang area dapur Anda, apakah cocok dengan jenis kabinet berpintu atas bawah ini.

  • Pintu kabinet dengan bukaan digeser.

Kalau ingin bergaya minimalis, kabinet dengan pintu geser sangat cocok dipasang di dapur Anda. Selain mudah saat membuka dan menutupnya kembali, Anda pun tidak perlu khawatir kepala akan terantuk pintu lemari yang lupa ditutup.

  • Pintu kabinet tanpa pegangan bukaan.

Tanpa pegangan pintu, kabinet yang terpasang di dapur Anda ini akan terlihat elegan dan modern. Biasanya untuk membukanya dibuat cekungan atau lubang di bawah pintu. Atau kalau ingin lebih praktis lagi pilih pintu yang metode bukaannya di tekan. Pegas akan mendorong pintu keluar ketika tekanan dilepaskan. Cara menutupnya pun sama.

Selain berpintu, ada pula kabinet dapur tanpa pintu yang biasa disebut dengan kabinet melayang. Lebih praktis dan sederhana namun tetap menampilkan desain yang cantik untuk dapur Anda. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki kepribadian praktis dan terbuka.

Menentukan Desain Kabinet Untuk Dapur Yang Pas Sesuai Luas Area Dan Selera

Nah, kalau sudah yakin dengan pilihan desain pintunya, saatnya menentukan desain kabinet lemari dan meja dapur secara keseluruhan. Apa pun itu bentuk gayanya apakah stylish, minimalis, hingga bermain dengan warna-warna cerah, desain-desain ini dapat mewakili semua gaya.

  • Kabinet dengan panel datar.

Kabinet dengan panel datar sudah semakin populer akhir-akhir ini dengan makin banyaknya pesanan dari konsumen yang berminat dengan desain minimalis ini. Pintunya pun dibuat datar tanpa pegangan konvensional, semakin mempercantik tampilan.

  • Kabinet berkonsep shaker.

Konsep ini seperti tidak lekang dari jaman ke jaman. Popularitasnya seakan tidak pernah pudar meskipun sudah banyak ragam desain kabinet tercipta.

  • Kabinet berkonsep custom.

Memanfaatkan tiap ruang di area dapur yang tersedia adalah ide cemerlang. Untuk hal ini Anda bisa mengundang seorang desainer khusus furnitur dapur untuk memaksimalkan konsep kabinet dapur yang Anda inginkan.