Tips Membuat Konsep Desain Ruang Keluarga Yang Sempit

Desain Ruang Kelurga Sempit

Tips membuat konsep desain keluarga sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin merenovasi ruang keluarganya atau mau membangun rumah. ruang keluarga memiliki fungsi yang sangat penting untuk menciptakan kehangatan di waktu-waktu tertentu bersama keluarga besar, dan hal ini bisa menjadi sangat berkesan jika didukung oleh konsep desain ruang keluarga yang bisa memberikan kesan nyaman, segar, hangat, dan ceria.

Tips membuat konsep desain ruang keluarga untuk ruang yang sempit akan kami bagikan bagi anda yang saat ini sedang kebingungan bagaimana caranya mendesain ruang keluarga agar terasa lebih luas dan layak dijadikan ruangan favorit bagi seluruh keluarga di rumah. semoga semua tips yang akan kami bagikan bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk didiskusikan bersama keluarga besar.

Tips Membuat Desain Ruang Keluarga Sempit Minimalis

Desain Ruang Keluarga Minimalis Sempit

 

Tips membuat konsep desain ruang keluarga sempit, adalah sebagai berikut:

1. Memilih Perabot dan Aksesoris  Minimalis yang Multifungsi

Untuk ruangan yang sempit tentu adanya perabot dan aksesoris tidak boleh berlebihan, walaupun semua itu memiliki fungsi yang bisa menunjang aktifitas. Kalaupun perabot itu sangat penting keberadaannya di ruang keluarga pilihlah yang seminimalis mungkin, baik dari segi warna, ukuran, dan model. Contoh: pilihlah televisi yang bisa ditempelkan di dinding.

2. Gunakan Karpet Sebagai Pengganti Sofa

Penggunaan karpet bisa meminimalisir penggunaan ruang sehingga ruangan sempit tetap terasa luas dan karpet juga tetap bisa berfungsi untuk menyamankan saat kita duduk atau bersantai di ruang keluarga. Agar bisa terasa lebih nyaman gunakan karpet yang berbulu tebal.

3. Maksimalkan Dekorasi dan Desain Pada Plafon

Untuk desain ruang keluarga minimalis yang sempit memang tidak bisa kita desain atau dekorasi yang macam-macam atau terlalu berlebihan, namun jika anda ingin desain ruamg keluarga memiliki estetika yang tinggi, maka desainlah plafon semaksimal mungkin. Ada banyak cara untuk menciptakan kesan estetika pada plafon seperti, memasang lampu-lampu kecil yang banyak, atau memasang lampu yang memiliki bentuk unik, dan masih banyak cara lain bisa anda cari inspirasinya di buku atau internet.

4. Maksimalkan Sudut Ruangan

Sudut ruangan kadang diabaikan begitu saja padahal sudut ruangan yang dimaksimalkan sebaik mungkin bisa menambah manfaat ruang keluarga seperti, menempatkan perabot atau aksesoris kecil yang bisa mempermanis ruangan, atau juga bisa membuat rak mini untuk menyimpan beberapa barang agar ruangan terkesan lebih rapi.

5. Memilih Warna Cat yang Tepat

Setiap warna cat memiliki kesan yang beda-beda terhadap ruangan, untuk ruang keluarga yang sempit pilihlah warna cat yang bisa memberikan kesan luas dan lapang seperti, warna cat putih, kuning, biru muda, merah muda. Warna-warna tersebut selain bisa memberikan kesan luas juga bisa menambah kesan cerah, ceria, dan harmonis.

6. Cermin Multifungsi

Adanya cermin di ruang keluarga bukan hanya untuk mengecek penampilan saat akan keluar rumah, tapi juga berfungsi untuk memberikan kesan manipulative pada ruang agar terlihat lebih luas akibat efek pantulan cahaya dari cermin. Pilihlah cermin yang berbingkai sederhana atau lebih tepatnya polos. Jika sudah memiliki jendela yang berbingkai besar, saran untuk menambahkan cermin pada ruang keluarga sebaiknya jangan diikuti.

7. Gunakan Konsep Mezzanine

Ruang keluarga yang sempit bisa kita desain dengan konsep Mezzanine untuk mendapatkan banyak ruang. Pilihlah tangga yang terkesan ringan dan pastikan mezzanine kuat dan aman, serta mudah dijangkau.

8. Hindari sekat ruangan

Ruang keluarga yang sempit alangkah baiknya tidak memiliki sekat dengan ruang-ruang yang lain, kalaupun harus memiliki sekat gunakan sekat atau dinding yang transparan. selain bertujuan agar terlihat lebih lapang dan luas juga untuk memaksimalkan fungsi ruang keluarga agar tetap bisa berinteraksi  dengan setiap anggota keluarga secara leluasa sehingga keharmonisan di dalam keluarga tetap terjaga.

9. Ruang Keluarga Terbuka

Ruang keluarga terbuka walaupun memiliki area yang sempit akan selalu nampak luas. Tambahkan pintu bukaan dan pastikan jika pintu tersebut bersifat privasi untuk melindungi fungsi ruang keluarga tetap damai, tidak seperti pintu ruang tamu yang bisa dijangkau oleh siapapun.

10. Desain yang Fleksibel

Menggunakan desain yang fleksibel pada ruang keluarga sempit memiliki banyak keuntungan. Satu diantaranya adalah saat  ingin memperbaharui desain ruang, kita tidak harus merenovasi ruangan hanya melakukan perubahan tata letak furniture, warna cat, dan mengganti furniture dan aksesoris ruang yang baru saja.

11. Kreatifitas

Walaupun ruang keluarga sempit minim dengan perabot atau furniture, jangan sampai minim juga dengan kreatifitas. Dinding ruang keluarga bisa di dekorasi dengan lukisan atau ornamen yang menarik, berkreasi dengan satu pot bunga yang bisa menciptakan daya tarik tinggi, atau  buatlah rak multifungsi yang memiliki nilai estetika tinggi, dan masih banyak kreatifitas lain yang bisa anda ciptakan sendiri atau mencari inspirasi dari beberapa sumber.