Penting! Tips Memilih Vendor dan Organizer Pernikahan

Tips Memilih Vendor Pernikahan

Bagi anda yang akan menjadi calon pengantin, pastinya anda ingin pesta pernikahan berjalan dengan lancar dan sempurna serta tidak kekurangan hal apapun.

Untuk itu, anda juga harus memilih vendor pernikahan yang sesuai agar dapat mewujudkan pesta yang sesuai dengan harapan. Namun banyaknya pilihan vendor pernikahan yang sekarang ini akan sangat membingungkan anda pastinya.

Kebutuhan akan vendor foto prewedding pernikahan juga harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar persiapan dalam hal fotografi menjadi lebih berjalan lancar dan juga optimal serta mampu memberikan tangkapan momen yang indah. Sayangnya, menemukan juru foto yang profesional dan tepat bukan salah satu hal mudah.

Pesta pernikahan bukanlah hal yang sangat mudah. Untuk itu anda pastinya perlu mendapat bantuan dari vendor perencanaan di acara pernikahan.

Dengan semua vendor pernikahan yang ada di kota anda, bagaimana anda memilih yang terbaik menurut anda untuk hari besar yang akan datang ?

Karena itu, anda pun setidaknya memiliki “modal” pengetahuan yang luas dan baik saat memilih vendor. Cukup banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya, membaca review di situs pernikahan, bertanya kepada rekan atau saudara yang pernah bermitra dengan vendor, dan masih banyak lagi.

Masa-masa persiapan pernikahan memang bisa dibilang paling hectic. Anda dan juga pasangan anda harus bergelut dengan begitu banyak persiapan.

Salah satunya adalah memilih vendor dalam pernikahan. Sebuah vendor pernikahan juga bisa dibilang adalah tempat anda menggantungkan segala impian pernikahan anda untuk bisa terwujud.

Apalagi dengan semakin berkembangnya zaman yang sekarang ini, banyak pasangan muda yang ingin di acara pernikahan mereka memiliki konsep yang kreatif.

Tidak hanya berkesan bagi calon mempelai saja, diharapkan para tamu juga dapat menikmati dan mengingat acara pernikahan tersebut. Dan peran vendor adalah membantu mewujudkan keinginan bagi calon pengantin.

Memilih vendor yang cocok dan tepat ibarat memilih jodoh. Jika istilah dalam bahasa Jawa, jodoh harus dipertimbangkan secara bibit, bebet, dan juga bobot, maka vendor dipertimbangkan melalui track record, kesesuain konsep, dan juga kesesuaian harga.

Tidak semua vendor pernikahan juga bisa mewujudkan keinginan pada kliennya. Jadi sebagai seorang klien anda juga harus lebih pintar dalam memilih, mana sekiranya vendor yang memiliki konsep yang mendekati wedding dream anda.

Untuk menjadi bahan anda menimbang – nimbang atau menentukan vendor pernikahan, Berikut kami akan berikan beberapa tips memilih vendor pernikahan :

1. Membuat daftar vendor pilihan

Tips memilih vendor pernikahan yang pertama yakni dengan membuat daftar vendor pernikahan. Sebelum menentukan apa-apa tentunya anda sudah pernah mendengar beberapa nama vendor yang pastinya anda incar dong.

Walaupun masih minim info tidak ada salahnya anda menulis di daftar vendor pernikahan yang anda miliki dengan tujuan untuk melakukan survei satu per satu sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.

2. Cek track record klien

Mengecek track record juga merupakan salah satu tips memilih vendor pernikahan yang sangat wajib untuk anda lakukan dengan saksama.

Ingat! Jangan pernah terburu-buru dalam melakukan survei yang seperti ini. Karena hasil survei ini menjadi bahan pertimbangan anda yang paling penting.

Mengecek track record sama halnya dengan mengecek pengalaman, hasil kerja, dan juga testimoni dari para klien. Hal yang seperti ini paling mudah untuk melakukan survei adalah dengan browsing di internet.

Point yang perlu diperhatikan saat browsing apakah vendor anda juga termasuk yang kredibel dan profesional di bidangnya atau tidak.

Salah satu cirinya yakni memiliki website. Website ataupun terdaftar di layanan portal dalam pernikahan. Jadi buat anda juga bisa mengetahui portfolio dan juga testimoni dari para klien yang sudah pernah menggunakan jasa tersebut.

3. Memiliki Office ( Kantor )

Ketakutan para calon pengantin dalam memilih vendor pasti sangat berbagai macam dalam pilihannya. Mulai merasakan takut jika mengalami kekecewaan hingga penipuan.

Nah menghindari hal yang seperti ini anda juga harus yakin dulu apakah vendor anda memiliki kredibilitas yang baik atau tidak.

Vendor pernikahan yang dapat terpercaya tentunya memiliki kantor ataupun galeri. Kantor ini menjadi tempat meeting dengan para klien dan anda juga bisa sekaligus survei langsung agar merasa lebih yakin dan terpercaya dengan sendirinya.

Untuk informasi persiapan pernikahan lainnya bisa dilihat di pengantinbaru.net

4. Testimoni

Kalau anda sudah merasa mantap dengan fortofolio mereka masing-masing, selanjutnya anda lakukan pengecekan juga review dari para klien.

Apakah vendor anda rekomended atau tidak. Biasanya para klien juga tidak segan-segan memberikan review yang jujur, karena sangat berkaitan dengan tingkat kepuasaan mereka.

5. Lakukan survei langsung

Jika sudah mulai terseleksi pilihan anda, yuk mulai atur jadwal meeting dengan vendor pilihan anda. Ingat tips memilih vendor pernikahan diatas yaitu utamakan untuk meeting di kantor mereka ketimbang hanya di mall atau restoran lainnya.

Kenapa ? Karena anda bisa sekalian cross check hasil survei di internet dengan keadaan sebenarnya.

First impression dengan vendor adalah hal yang sangat penting. Kantor yang mereka miliki juga menjadi salah satu cerminan si vendor profesional atau tidak.

Keuntungan lain jika anda meeting di kantor ataupun galeri mereka yaitu bisa lebih mengetahui hasil yang nyata dari portfolio mereka dan juga detail service yang dimiliki.

Keuntungan itu juga berlaku jika anda meeting dengan vendor catering atau bridal, anda dan juga pasangan anda bisa sekalian mencoba langsung.

6. Fleksibel dan mau mendengarkan keinginan klien

Di hari survei tentu anda bisa memilih vendor yang bisa meyakinkan anda untuk anda milikinya.

Mulai dari menjawab keinginan hingga memberikan solusi-solusi yang baik untuk membantu mempersiapkan pernikahan anda.

7. Sesuai budget

Budget sudah pasti menjadi point yang sangat penting nih. Jangan sampai anda memilih vendor yang over budget dari yang anda miliki. Agar pos – pos keuangan lainnya juga dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana awal.

8. Jangan Takut Untuk Menolak!

Jika anda tidak merasa puas dengan vendor yang telah diajak bertemu terlebih tidak cocok, maka jangan takut untuk menolak vendor tersebut. Sampaikan apa yang menjadi masalah dan jangan lupa, minta solusi atau pendapat dari mereka.

Jika solusi yang mereka tawarkan bisa anda terima maka lanjutkanlah, namun sebaliknya, jika tidak menemukan titik temu maka carilah vendor yang lain.

Setelah anda dan juga pasangan anda menemukan dream team vendor yang tepat dalam acara pernikahan, maka berikanlah mereka arahan yang jelas dan biarkan mereka melakukan pekerjaannya masing-masing. Komunikasi pastinya menjadi kunci utama!

Semoga dari beberapa tips memilih vendor pernikahan ini membantu anda dalam menjalankan masa persiapan pernikahan.

Mempersiapkan acara pernikahan sama halnya seperti mempersiapkan acara sekali yang kalau sukses akan dikenang sepanjang masa, tetapi jika gagal bakal juga akan dikenang sepanjang masa dan tak akan lupa.

Jika tak pandai dalam mengaturnya, salah-salah acara resepsi pernikahan tersebut justru akan membuat jebol uang dan malah membuat bengkak dalam pengeluaran uang anda.